Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 02 Oktober 2013

Perbedaan Kabel PATA dan Kabel SATA

Kawan-kawan…
Akhir-akhir ne banyak muncul pertanyaan tentang perbedaan antara Kebel SATA dan PATA…
Ne kami coba menjawabnya…

Kabel SATA : Serial Advance Technology Attachment. untuk speed 150 mbps
Kabel PATA : Paralel Advance TechnologyAttachment, untuk speed 133 mbps.
Adalah merupakan suatu standard yg digunakan untuk menentukan interfase yg dirancang berdasarkan Bus ISA16-BITyg juga digunaka pd PC, yg berhubungan dg daya dan interface sinyal dan sleve.
Perbedaan yg sangat mencolok adalah penampilan kabel.
Kabel PATA biasanya lebar dan pendek.
Kabel SATA biasanya kecil (sekitar 8 mm), namun bisa mentransmisi data sepanjang 1 mtr.
Masing2 menggunakan kabel power berbeda, yg kalo pd hardisk bisa dikombinasikan dg menggunakan adapter.
SATA menawarkan beberapa keunggulan menarik dibandingkan antarmuka paralel ATA (PATA) yang lebih tua: mengurangi kabel yang tebal dan mengurangi biaya (berkurang dari delapan puluh kabel ke tujuh), lebih cepat dan lebih efisien dalam hal transfer data, dan fitur hot swapping

Image Ini adalah gambar untuk kabel SATA

Imageini adalah kabel PATA
Berikut beberapa perbedaannya….
1. ATA (Advanced Technology Attachment) menggunakan 16 bit paralel digunakan untuk mengontrol peralatan komputer, dan telah di pakai selama 18 tahun lebih sebagai standar. Perbedaan SATA dan ATA yang paling mudah adalah kabel data dan power yang berbeda.
Standar ATA, seperti 200GB Western Digital Model, mempunyai dua inch kabel ribbon dengan 40 pin koneksi data dan membutuhkan 5V untuk setiap pin dari 4 pin connection. Sedangkan SATA seperti 120 GB western Digital Model mempunyai lebar setengah inci, 7 connector data connection sehingga lebih tipis dan mudah untuk mengatur kebel datanya. Kabel data SATA mempunyai panjang maksimal 1 meter (39.37 inci) lebih panjang dari ATA yang hanya 18 inci.
2. SATA
SATA dengan 15 pin kabel power dengan 250 mV, tampaknya memerlukan daya lebih banyak di bandingkan dengan 4 pin ATA, tapi dalam kenyataanya sama saja. Dan kemampuan SATA yang paling bagus adalah tercapainya maximum bandwith yang mungkin yaitu sebesar 150 MB/sec.
Keuntungan lainya dari SATA adalah SATA di buat dengan kemampuan hot-swap sehinga dapat mematikan dan menyalakan tanpa melakukan shut down pada sistem komputer.
Sedangkan dalam harga, drive SATA lebih mahal sedikit di bandingkan drive ATA , kesimpulanya SATA lebih memiliki keuntungan dibandingkan ATA dalam connector, tenaga, dan yang paling penting performanya. Sekarang standar ATA telah mulai di tinggalkan dan produsen memilih standart SATA.


Semoga bermanfaat….

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Ahmad Hilal - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -