Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 26 Februari 2014


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hai teman-teman... 
Ada tutorial baru niih... ^^ Dulu, jaman kuliah, saya sering bingung kalau ada temen nikah atau ultah. Bingung masalah kado. Kado apa yang murah meriah, tapi terlihat eksklusif. Yaaah, maklumlah...anak kost yang uang sakunya cekak. Hehehehe... Akhirnya, terciptalah 'kado eksklusif' maksa ini ^^v
Bahan bakunya jam dinding. Bisa bulat, bisa persegi. Tapi jangan beli yang harganya terlalu murah ya... Karena nanti cepat rusak mesin jam-nya. Kalau rusak, tidak jadi kenang-kenangan berharga kan.. :) Minimal...beli yang harganya sedang. Kalau di kota saya, yang murah dan berbahan plastik harganya Rp.15.000-an. Yang sedang, Rp.25.000 - Rp. 30.000. Kalau mau yang lebih mahal...silakan. Buat hiasannya semaksimal mungkin  :)

Yuuk...kita mulai...
1. Beli jam dinding yang bisa dibongkar dengan mudah (lihat bagian belakang jam, ada baut-baut yang bisa/mudah di lepas atau tidak)

 2. Lepaskan baut-bautnya...

 3. Setelah baut-baut berhasil kita lepaskan, ambil jarum-jarum jam-nya. Caranya...cukup cabut perlahan jarum-jarum tersebut. Putar dan lepaskan baut di bagian tengah/mesin jam. Simpan baut dan jarum jam supaya tidak ada yang tercecer dan hilang.

 4. Lepaskan kertas background jam. Kalau susah, gunakan alat bantu. Biasanya kertas background hanya di lem atau di tempel menggunakan double tape. Jika terpaksa kertas tersebut robek, tidak masalah. Karena kertas tersebut tidak akan kita gunakan lagi.

 Waah, ternyata di bagian belakang kertas tidak rata. Tidak apa-apa sih.. Hanya, akan lebih nyaman kalau rata (biasanya saya dapat yang rata)

 5. Ambil kertas background, lalu jiplak bentuknya di atas kain flanel. Warna sesuai selera ya. Sebaiknya teman-teman menyesuaikan dengan warna bingkai jam supaya manis perpaduan warnanya.
* Jadi, ketika membeli jam...perlu dipertimbangkan juga warna bingkainya.


 6. Gunting hasil jiplakan tersebut. Lubang di bagian tengah juga... Setelah itu, letakkan kain flanel di tempat background. Lakukan pengepasan (jika ukuran flanel masih lebih, potong hingga pas)


7. Sebelumnya, buatlah rancangan desain hiasan background jam dinding tersebut. Tapi perhatikan ketebalan aplikasinya...supaya tidak mengganggu jalannya jarum-jarum jam...
* perlu diperhatikan juga ketika membeli jam. Jarak antara background dan jarum jam terlalu mepet atau tidak. Jangan pilih yang mepet, karena 1 lembar kain flanelbackground saja sudah cukup tebal, apalagi jika ditempel-tempel aplikasi, bisa semakin tebal dan menganggu jalan jarum jam. Bisa dipahami ya? :) 

Saya menyiapkan parel-parel dan kancing untuk hiasan. Temanya kebun bunga.


 Parel dan kancing saya letakkan dulu untuk memperoleh bentuk yang fix. Setelah yakin dengan letak parel dan kancing tersebut, lem menggunakan lem uhu. Untuk batang bunga, kita bisa menggambarnya tipis-tipis supaya mudah ketika menjahitnya. Saya lebih suka menjahit langsung daripada menggambarinya terlebih dahulu. Batang bunga akan saya jahit menggunakan benang sulam. Bagaimana kalau menggunakan benang jahit? Boleh. Hanya saja, karena benang jahit lebih tipis, jadi kurang menonjol hasilnya. Mungkin bisa di rangkap beberapa helai supaya terlihat tebal.
Saya jahit batang bunga menggunakan tusuk tikam jejak. Cara menjahit saya sertakan di bawah ya... 

 Lalu saya buat daun-daunnya....


8. Bagian bawah terlihat 'sepi' ya... Hmmm... bagaimana kalau saya beri aksen rumput? Dengan crayon/pastel, saya gambari bagian bawah... 

 Lalu saya tambahkan parel-parel bunga agar lebih 'rame' lagi... Whaalaa... Bagimana? sudah lebih hidup kan?? ^^
 * Parel-parel bisa teman-teman dapatkan di FB atau Fanspage Paket Belajar Flanel, album Parel (hahahaha, kelihatan kalau niatnya promosi)

9. Lalu..apa lagi? Yang membuat eksklusif/spesial biasanya adalah nama si penerima gift. Jika untuk kado pengantin, biasanya saya tempelkan nama pasangan pengantin dan tanggal pernikahan.
*Nah..ada lagi yang harus diperhatikan ketika akan membeli jam. Sejak awal kita sudah membuat konsep/desain kasar. Kira-kira akan kita hias seperti apa jam-nya. Jika akan di hias nama pengantin dan tanggal...dan nama si pengantin agak panjang, beli jam dindingnya juga yang agak besar. Jangan asal beli... Kalau ternyata antara desain dan ukuran lebar jam dinding tidak cocok, kan repot...harus mikir ulang ^^ 

Karena ini untuk saya sendiri, saya beri nama NUPI (dan akhirnya di minta adik saya, padahal dia cowok.. Æª(˘_˘'!|)ʃ )
Hiasan tidak harus tulisan lho ya... bisa berupa 'lukisan' dari kain flanel... Silakan bereksplorasi :)
Naah... tempelkan background yang sudah jadi. Bisa menggunakan lem uhu ataudouble tape.

10. Pasang kembali mesin jam dan kencangkan baut mesin jam-nya. Pasang jarum-jarumnya, dan atur jarumnya jika ternyata rawan nyangkut di aplikasi hiasanbackground atau bertabrakan. Caranya, agak kita bengkok-kan saja ke arah atas.


 Pasang kembali kaca dan bingkainya.

11. Selesaii.....
Modal Rp.25.000, saya bisa memberikan kado spesial dan unik kepada seseorang... ^^v


 Selamat mencoba... ^^


CARA MEMBUAT TUSUK TIKAM JEJAK
Tusuk ini adalah tusuk dasar yang sering kita gunakan untuk menjahit baju robek, jadi..sebenarnya siapa saja bisa membuat tusuk ini. 
Tusuk tikam jejak saya gunakan untuk membuat batang bunga. Dan ini yang sering ditanyakan teman-teman, bagaimana cara membuat mulut/mata yang melengkung? ya menggunakan tusuk tikam jejak ini.



CARA MEMBUAT/MENJAHIT MULUT


CARA MEMBUAT MATA dengan BULU MATA
Caranya sama seperti menjahit mulut, terakhir hanya ditambahkan tusuk jelujur untuk aksen bulu mata.


Hayoo... di coba dulu sebelum mengeluh susah. Mudah kok.. Selamat mencoba :)
Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Ahmad Hilal - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -