Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 12 Februari 2014

Cara Membuat Dual Boot Windows Vista dan Windows XP

Dari saya mengenal yang namanya komputer saya juga mengenal yang namanya OS Windows XP seiring perkembangan IT OS Windows pun berubah mengalami perubahan dan perkembangan menjadi Windows Vista bahkan sekarang udah keluar Windows 7 (walau saya sendiri belum pernah coba apa dan bagaimana Windows 7 hehehe).
Namun pada postingan ini saya tidak menjelaskan itu semua saya mau jelaskan cara untuk nginstal Windows XP yang sudah terinstall Windows Vista. Caranya sebagai berikut:
  1. Kita harus mempunyai software VistaBootPro, yang bisa didownload di websitenya:http://www.vistabootpro.org/
  2. Selanjutnya, kita bisa langsung menginstal OS Windows XP tapi pada partisi selain partisi Windows Vista (misal Windows Vista pada Partisi C maka kita install Windows XP ke Partisi D atau yang lainnya).
  3. Karena OS Pertamanya adalah Vista, maka VistaBootPro kita instalkan pada OS kedua saya yaitu XP. Karena saat XP diinstall XP tidak mengenali Vista
  4. Setelah proses instalasi XP selesai. Kita harus menginstal dotnetfx versi 2.0 terlebih dahulu. dotnetfx bisa didownload dihttp://www.microsoft.com/downloads/details.aspx?FamilyID=0856EACB-4362-4B0D-8EDD-AAB15C5E04F5&displaylang=en
  5. Sesudah dotnetfx selesai diinstal.
  6. Selanjutnya Instal VistaBootPro
  7. Setelah itu, jalankan VistaBootPro maka akan muncul pop up klik Ok
  8. Pilih Tab System Bootloader yang ada di bagian atas sebelah kanan jendela VistaBootPro
  9. Sesudah itu beri tanda Ceklis pada Windows Vista Bootloader, dan All Drives
  10. Setelah itu, klik tombol “Instal Bootloader”. Otomatis, VistaBootPro akan membuatkan sebuah file sistem yang akan mengijinkan kita memilih akan memulai OS Vista atau XP yang sudah kita instal sebelumnya. Sebelum itu, kita akan mengecek Bootloader yang sudah dibuat, dengan cara mengklik Tab “Diagnostic”, lalu “Run Diagnostic”:
  11. Jika Diagnostic sudah dieksekusi, VistaBootPro akan menampilkan Pop-up Klik OK untuk melanjutkan proses
  12. Setelah klik OK, kita akan dibawa ke jendela “Manage BCD OS Entries”. Jika proses berjalan dengan benar, disitu akan tampil “Microsoft Windows Vista” mewakili Boot option untuk Vista, dan “Earlier Version of Windows” yang mewakili boot option untuk Windows XP kita.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Ahmad Hilal - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -