Popular Post

Posted by : Unknown Rabu, 12 Februari 2014

KREASI BAKSO VEGETARIAN YANG MENYEHATKAN

http://si-calonsarjana.blogspot.com/2013/10/makalah-kewirausahaan_1.html

BAB II
PEMBAHASAN

A.      Bakso Vegetarian
            Bakso atau baso adalah bola daging. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi dan tepung, tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam atau ikan. Bakso merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Harganya pun relatif mudah dijangkau oleh berbagai kalangan. Bakso pada umumnya menggunakan bahan dasar daging dalam pembuatannya sehingga untuk beberapa kalangan, khususnya kalangan yang tidak mengkonsumsi daging, tidak dapat menikmati bakso tersebut.

             Pola hidup vegetarian yang dulunya hanya dianut oleh masyarakat yang beragama tertentu, sekarang ini dengan semakin tingginya kesadaran untuk menjalankan pola hidup sehat semakin banyak masyarakat yang menganut pola hidup vegetarian. Sementara rumah makan yang menyediakan menu vegetarian sangat terbatas dan harganya sulit dijangkau. Melihat sifat bakso yang sudah umum di segala kalangan masyarakat maka usaha bakso vegetarian dapat dimanfaatkan untuk menjadi sarana dalam mengenalkan pola hidup sehat secara vegetarian dengan cara mengganti bahan dasar daging dalam pembuatan bakso dengan wortel dan bayam.

                   Bakso Vegetarian Sebagai Alternatif Makanan Sehat. Perkembangan ilmu pangan dan gizi menunjukkan bahwa sayur-sayuran khususnya wortel, bayam dan jagung mengandung komponen zat gizi yang sangat berguna bagi kesehatan, meskipun banyak dari kalangan masyarakat yang kurang menyukai rasa dari sayuran itu sendiri. Bakso merupakan makanan jajanan yang cukup populer di kalangan masyarakat, dan pada umumnya merupakan produk pangan berbasis daging yang sangat rentan terhadap kerusakan serta memiliki kadar lemak dan kolesterol yang tinggi. Berdasarkan kedua hal tersebut maka dibuatlah sebuah alternative pangan sehat berupa bakso vegetarian dengan berbahan dasar sayuran.

 

B.       Mengawali Kegiatan Wirausaha Produk Inovatif Bakso Vegetarian Sebagai Alternatif Makanan yang Bergizi Tinggi

1.        Ide Produk

            Saat ini sayuran seperti wortel dan bayam banyak dikenal hanya sebagai bahan makanan yang di goreng, disayur, dan dikukus. Sehingga pemanfaaatannya dirasa masih kurang. Maka dari itu kami keluar dengan ide mengolah bahan dasar sayuran wortel dan bayam tersebut sebagai subtitusi bahan dasar daging pada makanan bakso. Wortel dan bayam dipilih sebagai pengganti bahan dasar daging pada makanan bakso karena selain memiliki manfaat yang banyak, wortel dan bayam mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi. Selain itu bakso vegetarian ini memiliki khasiat yang berlimpah apabila dibandingkan dengan bakso dengan bahan dasar daging dengan harga yang lebih murah namun mempunyai manfaat yang tinggi. Mengingat daging yang banyak menggandung kolesterol dan kandungan lain yang akan berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi secara rutin dan berlebihan.

1.        Deskripsi Usaha
Wortel dan bayam dipilih sebagai pengganti bahan dasar daging pada makanan bakso karena selain memiliki manfaat yang banyak, wortel dan bayam mempunyai kandungan nilai gizi yang tinggi dibandingkan dengan bakso daging. Oleh karena itu juga kami menvariasikan olahan berbahan dasar sayuran wortel dan bayam sebagai pengganti daging.
Kondisi diatas kami anggap sebagai peluang untuk menggembangkan sebuah inovasi wirausaha baru di bidang makanan. Usaha yang kami jalankan ini berorientasi produk dan pasar. Usaha yang berorientasi pada produk berarti memahami bahwa konsumen membeli manfaat, bukan sekedar rasa yang enak dan unik. Sedangkan usaha yang berorientasi pada pasar berarti produk yang kami buat dapat diterima oleh elemen masyarakat. Dalam menjalankan usaha ini yaitu berbasis home industry dalam memproduksi bakso vegetarian yang berbahan dasar sayuran wortel dan bayam.

2.        Kelayakan usaha
Dalam memasarkan produk bakso vegetarian berbahan dasar jamur tiram kami menggunakan beberapa strategi untuk kelayakan usaha, yaitu strategi produk, harga, promosi, dan distribusi.
a)      Strategi produk
Strategi produk dilakukan dengan melakukan inovasi kreasi dengan membuat bakso vegetarian yang berbahan sayuran wortel dan bayam dengan nilai gizi yang tinggi. Karena biasanya bakso terbuat dari bahan dasar daging, sehingga dalam inovasi ini akan menarik minat konsumen untuk membeli.
b)      Strategi harga
Strategi harga dilakukan berdasarkan harga pasar, harga produk yang ditetapkan adalah sesuai dengan harga pasar dengan tetap menjaga kualitas produksi, dengan kata lain harga produk dan kualitas diusahakan bisa bersaing dengan pesaing lainnya
c)      Strategi promosi
Strategi penjualan yang akan kami lakukan adalah dengan cara menyebarkan brosur/pamflet, stiker dan mouth to mouth.
d)     Sustainability/keberlanjutan
Pada awalnya usaha ini akan ditangani sendiri. Jika prospek dari usaha ini makin bagus dan omsetnya naik, tidak menutup kemungkinan untuk merekrut orang lain sebagai pegawai untuk menjalankan operasional usaha ini.

3.        Tahap Pembuatan Produk
Untuk merealisasikan usaha pembuatan bakso vegetarian ini, maka telah dilaksanakan tahapan kerja sebagai berikut :
a)      Persiapan perlengkapan Produksi
Pada tahap ini dilakukan peralatan yang dibutuhkan untuk melaksanakan program, peralatan tersebut antara lain : penggiling adonan bakso, panci besar, telenan, pisau, kompor gas, spatula, bak plastik, dan sendok.

b)     Pengolahan  Bakso Vegetarian
-       Proses pembuatan bakso vegetarian:
Wortel dikupas dan dibersihkan, begitu juga dengan bayam dibuang akar ambil daunnya saja, kemudian dicuci dengan air bersih, hal ini bertujuan agar sayuran yang akan diproses lebih lanjut dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran. Parut wortel dan giling daun bayam yang sudah dicuci bersih tadi dengan dua wadah tempat adonan yang terpisah, kemudian masukkan garam, lada, bawang putih yang sudah dihaluskan, dan penyedap rasa ke dalam adonan bayam yang sudah digiling dan juga wortel yang sudah diparut. Masukkan sagu secukupnya dan tepung terigu kemudian beri sedkit air. Bila adonan sudah licin atau menyatu, buat bulat-bulat dari tangan seperti membuat saat membuat bakso pada umumnya, Setelah terbuat bulat-bulat, bakso ditim/direbus selama 15 menit sampai berubah warna dan mengapung.
-       Proses pembuatan kuah
Tahap persiapan adalah menyiapkan bahan-bahan pembuatan kuah bakso vegetarian yaitu air, daun jamur tiram, garam, lada, kaldu, gula, bawang putih, dan pala. Proses selanjutnya didihkan air sampai mendidih. Bawang putih diiris kecil – kecil. Masukkan irisan bawang putih, garam, kaldu, gula , pala, Tunggu sampai mendidih, kemudian taburi daun bawang dan daun seledri dan bawang goreng.

4.        Biaya Produksi
Biaya yang diperlukan dalam pembuatan :Bahan yang diperlukan         Biaya Pengeluaran
Tepung Terigu Stengah Kg          Rp. 4.500, 00
Tepung Kanji/sagu Stengah Kg   Rp. 3.500, 00
Wortel      Rp. 2.500, 00
Bayam      Rp. 2.000, 00
Bumbu     Rp. 5.000, 00
Daun Bawang dan Daun Seledri Rp. 1.000, 00
Jumlah      Rp. 18.500, 00


A.      Visi dan Misi dari Kegiatan Kewirausahaan Produk Inovatif Bakso Vegetarian dari Bayam dan Wortel
Visi dan misi dalam kegiatan wirausaha bakso vegetarian ini adalah sebagai berikut :

1.        Terwujudnya sebuah usaha bakso vegetarian berbasis home industry.
2.  Terwujudnya keterampilan berwirausaha bagi mahasiswa, sehingga mahasiswa dapat memberikan kontribusi nyata untuk mengurangi pengangguran dengan menyerap tenaga kerja melalui usaha pembuatan bakso vegetarian.
3.        Terwujudnya masyarakat yang sehat dengan mengkonsumsi sayuran yang telah diolah menjadi bakso.
4.        Meransang kreativitas dan daya inovasi mahasiswa untuk menghasilkan produk inovatif yang bermanfaat bagi masyarakat.
5.     Membuka wawasan mahasiswa dan meningkatkan keterampilan dalam berwirausaha sehingga mampu menghadapi persaingan bebas dengan cara menjadi entrepreneur muda indonesia.
6.     Memberikan stimulus untuk menciptakan lapangan pekerjaan secara mandiri  agar tercipta lapangan kerja berbasis potensi lokal.

BAB III
SIMPULAN

 A. Simpulan
            Bakso atau baso adalah bola daging. Bakso umumnya dibuat dari campuran daging sapi dan tepung,    tetapi ada juga baso yang terbuat dari daging ayam atau ikan. Bakso merupakan salah satu makanan yang populer di Indonesia. Harganya pun relatif mudah dijangkau oleh berbagai kalangan. Bakso pada umumnya menggunakan bahan dasar daging dalam pembuatannya sehingga untuk beberapa kalangan, khususnya kalangan yang tidak mengkonsumsi daging, tidak dapat menikmati bakso tersebut.
            Bakso Vegetarian Sebagai Alternatif Makanan Sehat. Perkembangan ilmu pangan dan gizi menunjukkan bahwa sayur-sayuran khususnya wortel, bayam mengandung komponen zat gizi yang sangat berguna bagi kesehatan, meskipun banyak dari kalangan masyarakat yang kurang menyukai rasa dari sayuran itu sendiri. Bakso merupakan makanan jajanan yang cukup populer di kalangan masyarakat, dan pada umumnya merupakan produk pangan berbasis daging yang sangat rentan terhadap kerusakan serta memiliki kadar lemak dan kolesterol yang tinggi. Berdasarkan kedua hal tersebut maka dibuatlah sebuah alternative pangan sehat berupa bakso vegetarian dengan berbahan dasar sayuran.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

TRANSLATE

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © Ahmad Hilal - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -